Covid-19 dan Pendidikan Tinggi Teologi Indonesia dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Transformasional

  • Bakhoh Jatmiko Sekolah Tinggi Theologia Nazarene
  • Ezra Tari Institut Agama Kristen Negeri Kupang
  • Hengki Wijaya Sekolah Tinggi Filsafat Jaffray Makassar

Abstract

Covid-19 berdampak pada pendidikan tinggi teologi di Indonesia. Akibat pandemi, pendapatan keuangan kampus mengalami penyusutan. Mahasiswa tidak dapat membayar uang kuliah karena pendapatan orang tua berkurang. Pandemi Covid- 19 menjadi pengalaman yang tidak terprediksi untuk PTKK di Indonesia. Metode yang digunakan penulis adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Di dalam tataran praktikal, dalam waktu singkat, PTKK di era ataupun sesudah pandemi wajib beralih bentuk dalam prasarana, finansial serta administrasi, tata cara pengajaran, konten kurikulum (dari teoritis ke misiologis atau efisien), dan kedudukan atau ikatan daya pengajar. PTKK ditantang untuk meninggalkan kerutinan yang tidak relevan, merengkuh cara-cara terkini yang relevan, ataupun mencampurkan keduanya menjadi kombinasi perlengkapan pembelajaran yang lebih efisien.

References

Adib, H. M. (2011). Filsafat Ilmu: Ontologi, Epistemologi, Aksiologi, dan Logika Ilmu Pengetahuan. Pustaka Pelajar.
AGST Program Handbook. (1984).

Arti kata ketakmalaran Mohorevicic dalam kamus Indonesia-Inggris. Terjemahan dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris - Kamus lengkap online semua bahasa. (n.d.).

B, K. S. (2020). Wawancara oleh Penulis.

Buck, G. (1981). Hermeneutik und Bildung. Wilhelm Fink.

Calleja, C. (2014). Jack Mezirow’s Conceptualisation of Adult Transformative Learning: A Review. Journal of Adult and Continuing Education, 20(1), 117–136. https://doi.org/10.7227/JACE.20.1.8

Eliasaputra, M. P., Novalina, M., & Siahaan, R. J. (2020). Tantangan Pendidikan Agama Kristen di Era Revolusi Industri 4.0 dan Pasca Kebenaran. BONAFIDE: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 1(1), 1–22.

English, A. (2013). Discontinuity in Learning: Dewey, Herbart and Education as Transformation. Cambridge University Press.

Farah, B., & Nasution, R. D. (2020). Analisis Perubahan Orientasi Pola Hidup Mahasiswa Pasca Berakhirnya Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Noken: Ilmu-Ilmu Sosial, 5(2), 23–36.

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70.

Hidrowoh, J. R. (2018). Shaping The Leaders of Tomorrow: An Assessment of Intergenerational Perceptions of Leadership Traits (Issue December).

Higgins, C. (2011). The Good Life of Teaching: An Ethics of Professional Practice. John Wiley & Sons.

Hunter, E. (2020). Responding to the COVID- 19 Crisis: Moving from Desperation to Hope in Theological Education. InSights Journal; ScholarLeaders, 6(1), 1–10.

Imel, S. (1998). Transformative Learning in Adulthood. ERIC Digest 200.

Indonesia, P. R. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pemerintah Republik Indonesia.

Jackson, P. W. (1986). The Practice of Teaching. Teachers College Press.

Jacob, C. V. (2010). The Missional Essence of Theological Education. Journal of Theological Education and Missio, 1(1), 1–8.

Jalaluddin, & Idi, A. (2002). Filsafat Pendidikan Manusia, Filsafat dan Pendidikan. Gaya Media Pratama.

Jeyaraj, J. (2001). Theological Education: Context and Involvement. TBT Journal, 3(1), 48.

Kemendikbud. (2020). Jika Satuan Pendidikan Sudah Memenuhi Semua Daftar Periksa dan Siap Melakukan Pembelajaran Tatap Muka. Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran dan Tahun Akademik Baru di Masa Pandemi Covid-19: Satuan Pendidikan di Zona Kuning, Oranye dan Merah Dilarang Melakukan Pembelajaran Tatap Muka.

Ketua STT. (2020). Wawancara oleh Penulis.

Khobnya, S. (2017). Education as Transformation: A Look into Nazarene Theological Education | HOLINESS TODAY. Holinesstoday.Org.

Khurana: A Case Study | News | The Harvard Crimson. (n.d.).

Kokemohr, R. (2007). Bildung als Welt-und Selbstentwurf im Fremden. Annäherungen an eine Bildungsprozesstheorie. In H.-C. Koller, W. Marotzki & O. Sanders (Eds.), Bildungsprozesse und Fremdheitserfahrung: Beiträge zu einer Theorie transformatorischer Bildung. Deutscher Studien Verlag.

Koller, H. C. (2011). The Research of Transformational Education Processes: Exemplary Considerations on the Relation of the Philosophy of Education and Educational Research. European Educational Research Journal, 10(3), 375–382. https://doi.org/10.2304/eerj.2011.10.3.375

Koller, H. C. (2012). Bildung Anders Denken: Einführung in die Theorie Transformatorischer Bildungsprozesse. Kohlhammer.

Lembaga Pendidikan - Pengertian, Tujuan, Contoh, Ciri, & Gambar. (n.d.).

Marbun, P., & Nasution, A. F. N. (2021). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Teologi Berbasis Teknologi Informasi Komunikasi. Jurnal Sisfotenika, 11(1), 67-79.

Mezirow, J. (1981). A Critical Theory of Adult Learning and Education. Adult Education, 32(1), 3–24. https://doi.org/10.1177/074171368103200101

Persell, C. H. (1979). Educations and Inequality, The Roots and Results of Stratification in America’s Schools. The Free Press.

Poerwadarminta, W. (1991). Malar. In Kamus Umum Bahasa Indonesia (p. 627). Balai Pustaka.

Prabowo, H. (2020). Pandemi COVID-19 Menunjukkan Ketimpangan Pendidikan di Indonesia. Tirto.Id.

Putri, A. E. (2019). Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling: Sebuah Studi Pustaka. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 4(2), 39–42.

Sagala, S. (2013). Etika dan Moralitas Pendidikan Peluang dan Tantangan. Kencana.

Salsabila, U. H., Sari, L. I., Lathif, K. H., Lestari, A. P., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188–198.

Athyal, S. (2003). The Missiological Core of Theological Education. UBS Journal, 1(2), 50-56.

Saputra, Y. N. (2021). Self-directed Learning Readiness Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. KURIOS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 7(1), 164–177.

Snyder, H. (2019). Literature Review as a Research Methodology: An Overview and Guidelines. Journal of Business Research, 104, 333–339. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.07.039

SRV4 PDDIKTI : Pangkalan Data Pendidikan Tinggi. (n.d.).

Strozzi, F., Colicchia, C., Creazza, A., & Noè, C. (2017). Literature Review on the ‘Smart Factory’ Concept Using Bibliometric Tools. International Journal of Production Research, 55(22), 6572–6591. https://doi.org/10.1080/00207543.2017.1326643

Taylor, C. (2016). The Language Animal. Harvard University Press.

Tirtarahardja, U., & Sasula, L. (2000). Pengantar Pendidikan. Rineka Cipta.

Yacek, D., & Ijaz, K. (2020). Education as Transformation: Formalism, Moralism and the Substantivist Alternative. Journal of Philosophy of Education, 54(1), 124–145. https://doi.org/10.1111/1467-9752.12366
Published
2021-10-28
How to Cite
Jatmiko, B., Tari, E., & Wijaya, H. (2021, October 28). Covid-19 dan Pendidikan Tinggi Teologi Indonesia dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Transformasional. Pengarah: Jurnal Teologi Kristen, 3(2), 73-84. https://doi.org/https://doi.org/10.36270/pengarah.v3i2.64
Section
Articles