Mendialogkan Rancangan Undang-Undang Pesantren dan Pendidikan Keagamaan
Abstract
Berdialog adalah sebuah upaya menyampaikan informasi dan pendapat untuk mempertimbangkan agar bisa saling memahami. Berkaitan polemik Rancangan Undang-Undang Pesantren dan Pendidikan Keagamaan khususnya pasal 69 dan 70 yang telah disusun oleh DPR bersama pemerintah selaku pembuat Undang-Undang di Indonesia, telah direspons oleh masyarakat luas, terutama lembaga keagamaan Katolik dan Kristen Protestan yang sebagian besar menolak Rancangan Undang-Undang tersebut. Polemik itu berkaitan dengan niat DPR dan pemerintah yang hendak memberi payung hukum bagi penyelenggaraan kegiatan-kegiatan keagamaan yang ada di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang menekankan analisis pada proses penyimpulan deduktif atau induktif, serta analisis terhadap dinamika hubungan fenomena yang diteliti dengan menggunakan logika ilmiah. Hasil dari penelitian ini adalah Rancangan Undang-Undang tersebut mendapat tanggapan secara luas dari masyarakat dan lembaga keagamaan, khususnya pasal yang ditujukan bagi pelaksanaan kegiatan keagamaan umat Katolik dan Kristen Protestan. Polemik tersebut membuat berbagai pihak, baik pemerintah maupun lembaga keagamaan mengoreksi isi Rancangan Undang-Undang tersebut dan sementara dihentikan proses pengesahannya.
References
Christiani, T. K. (2009). Ajarlah Mereka Melakukan. PT BPK Gunung Mulia.
Daryanto, S. (1997). Kamus Bahasa Indonesia Lengkap. Apollo.
Groome, T. H. (2018). Christian Religious Education- PAK. PT BPK Gunung Mulia.
Hutapea, R. H., & Iswanto. (2020). Potret Pluralisme Agama dalam Masyarakat di Kota Kupang. Jurnal Dialog, 43(76), 99–108. https://jurnaldialog.kemenag.go.id/index.php/dialog/article/view/363
Kawangung, Y., R. H. Hutapea & Y. Y. Dwianto. (2020). Pemetaan Kurikulum dan Strategi Pembelajaran Sekolah Minggu. Sabda: Jurnal Teologi Kristen, 1, 71–84. http://jurnalsttn.ac.id/index.php/SJT/article/view/4
Penyusun, T. (1997a). Ensiklopedi Nasinal Indonesia Buku 12. Delta Pamungkas.
Penyusun, T. (1997b). Ensiklopedi Nasinal Indonesia Buku 13. Delta Pamungkas.
Sidjabat, B. S. (2019). Meretas Polarisasi Pendidikan Kristiani: Sebuah Pengantar tentang Arah Pendidikan Kristiani di Gereja, Akademia, dan Ruang Publik. Journal of Chemical Information and Modeling, 7(1), 7–27.
Syafe’i, I. (2017). Pondok Pesantren: Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(I), 61–82.
Tambunan, E. (2019). Gerakan Transnasional Kristen: Wajah Ekonomi-Politik Agama dan Pendidikan di Indonesia. Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH), 1(1), 1–17. https://ojs-jireh.org/index.php/jireh/article/view/4/10
Tubulau, I. (2020). Kajian Teoritis Tentang Konsep Ruang Lingkup Kurikulum Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH), 2(1), 27–38. https://doi.org/10.37364/jireh.v2i1.29