Survei Terhadap Penggunaan Nama Yesus dalam Teks-Teks Terkait Pengusiran Setan di Perjanjian Baru

  • Abel Kristofel Aruan Sekolah Tinggi Teologi Seminari Alkitab Asia Tenggara

Abstract

Artikel ini ditulis berdasarkan sebuah dugaan bahwa ada praktik-praktik pengusiran setan yang menggunakan penyebutan nama Yesus atau frasa “dalam/demi nama Yesus” dalam proses ritualnya. Survey dilakukan terhadap ayat-ayat di Perjanjian Baru yang terkait dengan preskripsi maupun kisah-kisah pengusiran setan. Melalui metode penelitian literatur (kepustakaan), artikel ini mencoba mempertanyakan apakah praktik pengusiran setan mengharuskan seseorang untuk mengucapkan nama Yesus sebagai syarat agar ritual berhasil atau tidak. Tulisan ini akan menggolongkan ayat-ayat ke dalam tiga kategori: (1) ayat-ayat terkait pengusiran setan yang tidak mengandung pengucapan nama Yesus (Mat. 8:16; 9:34; 12:24, 27-28; 17:19; Mrk. 1:34); (2) ayat-ayat narasi pengusiran setan yang memunculkan frasa “dalam/demi nama Yesus” dalam narasinya (Mat. 7:22; Mrk. 16:17; Mrk 9:38; Luk. 9:49); dan (3) ayat-ayat narasi pengusiran setan yang tokohnya mengucapkan “dalam/demi nama Yesus” secara verbal (Kis. 16:18; 19:13). Melalui penelusuran sejauh ini, artikel ini menyimpulkan bahwa teks-teks Perjanjian Baru tidak mengharuskan seseorang untuk mengucapkan nama Yesus ketika mengusir setan. Apa yang paling penting dalam proses pengusiran setan adalah relasi antara pengusir setan dengan Yesus serta keyakinan terhadap kuasa pengusiran setan yang diberikan oleh Yesus.

References

Balack, D. A. (2008). Perspectives on the Ending of Mark. Nashville: B & H.

Blomberg, C. (2001). Matthew. The New American Commentary 22. Nashville: Broadman & Holman.

Boring, M. E. (2006). Mark: a Commentary. Louisville: John Knox.

Bruce, F. F. (1988).The Book of the Acts. The New International Commentary on the New Testament. Grand Rapids: Eerdmans.

Carson, D. A. (1984). "Matthew." In Frank E. Gaebelein (Ed.), The Expositor's Bible Commentary. Vol. 8 (Matthew, Mark, Luke). Grand Rapids: Zondervan.

Collins, A. Y. & Attridge, H. W. (2007). A Commentary on the Gospel of Mark. Hermeneia. Minneapolis: Fortress.

Conybeare, F. C. (1896). “The Demonology of the New Testament I.” The Jewish Quarterly Review, 8(4), 576-608.

Davies, W. D. & Allison, D. C. (2004). A Critical and Exegetical Commentary on the Gospel According to Saint Matthew. London: T&T Clark.

Dunn, J. D. G. & Twelftree, G. H. (1980). “Demon-Possesion and Exorcism in the New Testament.” Churchman, 94(3), 210-225.

Ferguson, S. B. (1999). Let’s Study Mark. Edinburgh: Banner of Truth Trust.

Gould, E. P. (1922). A Critical and Exegetical Commentary on the Gospel According to St. Mark. New York: C. Scribner's Sons.

Hagner, D. A. (2002). Matthew 1-13. Word Biblical Commentary 33a. Dallas: Word.

Hurtado, L. W. (1989). Mark. New International Biblical Commentary. Peabody: Hendrickson.

Keener, C. S. (1993). The IVP Bible Background Commentary: New Testament. Illinois: InterVarsity.

_____________. (2014). Acts: An Exegetical Commentary. Vol. 3. Grand Rapids: Baker Academic.

Kernaghan, R. J. (2007). Mark. The IVP New Testament Commentaries Series. Downers Grove: InterVarsity.

Krodel, G. A. (1986). Acts. Augsburg Commentary on the New Testament. Minneapolis: Augsburg.

Larkin, W. J., Briscoe, D. S. & Robinson, H. W. (1995). Acts. The IVP New Testament Commentary. Downers: InterVarsity.

May, G. (2014). “10 Modern Day Exorcism.” Listverse.com. Retrieved from http://listverse.com/2013/ 08/14/10-modern-day-exorcisms/

Marcus, J. (2009). Mark 8-16: A New Translation with Introduction and Commentary. New Haven: Yale University Press.

Marshall, I. H. (1980). Acts: An Introduction and Commentary. Tyndale New Testament Commentaries 5. Nottingham: Inter-Varsity.

Mounce, R. H. (1985). Matthew. New International Biblical Commentary. Peabody: Hendrickson.

Ney-Hellmuth, P. (2014). Der Fall Anneliese Michel [The Case of Anneliese Michel]. Würzburg: Königshausen & Neumann.

Paoletti, G. (2020). “Anneliese Michel And The Shocking Images From The Exorcism Of The Real Emily Rose.” AllThatIsInteresting.com. Retrieved from https://allthatsinteresting.com/ anneliese-michel-exorcism.

Peterson, D. G. (2009). The Acts of the Apostles. The Pillar New Testament Commentary. Grand Rapids: Eerdmans.

Polhill, J. B. (2001). Acts. The New American Commentary 26. Nashville: Broadman & Holman.

Schweizer, E. (1970). The Good News According to Mark. Donald H. Madvig (Terj.). Atlanta: John Knox.

Sitompul, A. A. (2009). Sinopsis Tiga Injil. Jakarta: LAI.

Smith, R. H. (1989). Matthew. Augsburg Commentary on the New Testament. Minneapolis: Augsburg.

Subritzky, B. (1991). How to Cast Demons and Break Curses. Blockhouse Bay: Dove Ministries.

Swete, H. B. (1977). Commentary on Mark. Grand Rapids: Kregel.

Wolff, U. (2006). Der Teufel ist in mir [The Devil Is in Me]. Munich: Heyne.

Wright, T. (2008). Acts for Everyone Part 2: Chapters 13-28. London: Society for Promoting Christian Knowledge.

Your Catholic Voice Foundation. (2017). “Rite of Exorcism.” Catholic.org. Retrieved from http://www.catholic.org/prayers/ prayer.php?p=683
Published
2020-07-06
How to Cite
Aruan, A. (2020, July 6). Survei Terhadap Penggunaan Nama Yesus dalam Teks-Teks Terkait Pengusiran Setan di Perjanjian Baru. Pengarah: Jurnal Teologi Kristen, 2(2), 89-101. https://doi.org/https://doi.org/10.36270/pengarah.v2i2.26
Section
Articles