Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • Artikel sebelumnya belum pernah diterbitkan di jurnal atau media lainnya.
  • Tulisan tidak mengandung unsur plagiarisme. Bila ditemukan unsur-unsur plagiarisme, maka sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis.
  • Artikel dituliskan dengan format .doc, .docx, atau .odt.
  • Bila ada, URL referensi yang digunakan telah dituliskan.
  • Literatur yang dirujuk minimal berjumlah 10; 70% terbit 10 tahun terakhir; dan 50% adalah artikel jurnal.
  • Format penulisan artikel, informasi pengutipan dan daftar pustaka sudah sepenuhnya mengikuti ketentuan penulisan Jurnal Pengarah.

Author Guidelines

PETUNJUK PENULISAN

1. Artikel belum pernah dipublikasikan sebelumnya, atau tidak sedang dipertimbangkan oleh penerbit mana pun. Penulis harus menyertakan pernyataan bahwa artikel tersebut adalah orisinil dan  tidak mengandung unsur plagiarisme.

2. Artikel yang diterima oleh Pengarah adalah tulisan ilmiah yang merupakan hasil penelitian kualitatif dan/atau kuantitatif.

3. Naskah diketik dengan menggunakan font Arial 11 pt, pada kertas A4 dengan margin: atas 3 cm, kiri 2,5 cm, kanan 2,5 cm, dan bawah 2,75 cm. Artikel dituliskan sepanjang 5000-8000 kata, dengan jarak spasi 1,15, dalam bentuk format dua kolom (width 7,75).

3. Artikel dapat ditulis dalam bahasa Indonesia atau Inggris, dengan struktur sebagai berikut: judul; nama penulis (tanpa gelar), abstrak disertai kata kunci (bahasa Inggris dan bahasa Indonesia); pendahuluan, metode, hasil dan pembahasan, kesimpulan, serta daftar rujukan.

4. Judul artikel diketik tidak lebih dari 12 kata. Di tempatkan di tengah dengan keseluruhannya huruf kapital, menggunakan font Arial 14 pt.

5. Nama penulis dituliskan di bawah judul dengan tidak menyertakan gelar akademik, menggunakan font Arial 12 pt. Secara berurutan di bawahnya, penulis mencantumkan nama, alamat lembaga asal dan email penulis, dengan menggunakan font Arial 10 pt.

6. Abstrak menjelaskan intisari tulisan yang memuat masalah penelitian, metode dan hasil. Abstrak dan kata kunci ditulis dalam bahasa Inggris dan Indonesia, dengan panjang masing-masing 150-200 kata, dan kata kunci sebanyak 5-7 kata.

7. Pendahuluan dikembangkan dalam bentuk paragraf dengan panjang 15-20% dari total panjang artikel. Dalam bagian ini penulis memaparkan latar belakang, konteks penelitian, dan tujuan penulisan.

8. Metode berisi paparan rancangan penelitian, sumber dan pengolahan data. Metode dituliskan dalam bentuk paragraf dengan panjang 10-15% dari total keseluruhan artikel.

9. Bagian hasil dan pembahasan berisi paparan hasil analisis temuan.

10. Kesimpulan merupakan intisari dari hasil penelitian. Dijabarkan dalam bentuk paragraf dan hindari pengulangan ungkapan/kalimat.

11. Segala hal yang terkait dengan izin pengutipan dan penggunaan software yang dipakai untuk penulisan naskah, atau hal lain yang terjadi terkait dengan intelectual property yang dilakukan oleh penulis, akibat hukum yang muncul karena hal tersebut adalah sepenuhnya tanggung jawab penulis.

12. Daftar rujukan hanya memuat bahan-bahan yang dirujuk dalam tulisan. Format pengutipan dan penulisan daftar rujukan menggunakan APA 6th ed. Penulis harus menggunakan paling tidak 10 literatur yang 70% di antaranya terbit 10 tahun terakhir; dan 50% merupakan artikel jurnal.

13. Jurnal Pengarah tidak menggunakan endnotes dan footnotes sebagai penempatan informasi tambahan. Semua harus dimuat pada badan artikel.

 

Daftar Rujukan.

Berikut contoh penulisan daftar rujukan:

Cassidy, Richard J. (1978). Jesus, Politics, and Society: A Study of Luke's Gospel. Maryknoll: New York.
Gregory, G., & Parry, T. (2006). Designing Brain-Compatible Learning (3rd ed.) Thousand Oaks: Corwin.
Bergquist, J. M. (1992). German American. In J. D. Buenker & L. A. Ratner (Eds.), Multiculturalism in the United States: A Comparative Guide to Acculturation and Ethnicity (pp. 53-76). New York: Greenwood.
Paivio, A. (1975). Perceptual Comparisons Through the Mind's Eye. Memory & Cognition, 3, 635-647.  doi:10.1037/0278-6133.24.2.225.
Becker, L. J., & Seligman, C. (1981). Welcome to the Energy Crisis. Journal of Social Issues, 37(2), 1-7.
 
 
updated 01 Juli 2020

 

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.