Login or Register to make a submission.

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Format Penulisan



1.  Artikel adalah asli karya penulis. Tulisan tersebut bersifat ilmiah yang  merupakan hasil penelitian lapangan dan/atau literatur.

2.  Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia atau Inggris.

3.  Naskah ditulis dengan panjang maksimal 20 halaman, dengan spasi 1,15. Ukuran bidang tulisan adalah 21 cm x 29,7 cm (A4), dengan margin kanan, kiri, atas 2,5 cm, dan bawah 3 cm. Menggunakan font New Times Roman 12 pt.

4.  Sitematika penulisan: judul, nama penulis, abstrak dan kata kunci, pendahuluan, metode, hasil dan pembahasan, kesimpulan, dan daftar pustaka.

5.  Judul ditempatkan di tengah dengan huruf kapital, ukuran 14 pt. Panjang tidak lebih dari 12 kata untuk artikel berbahasa Indonesia, dan 10 kata untuk artikel berbahasa Inggris.

6.  Nama penulis diletakkan di bawah judul dan tidak menuliskan gelar akademik. Disertai dengan nama dan alamat lembaga asal. Bila penulis lebih dari satu, susunan penulisan sesuai dengan kesepakatan antar penulis, dan tim redaksi hanya akan berhubungan dengan penulis utama.

7.  Abstrak ditulis dalam dua bahasa, Inggris dan Indonesia, dengan panjang 100-150 kata. Abstrak menjelaskan secara ringkas masalah, metode, tahapan penulisan dan kesimpulan.

8.  Kata kunci berjumlah 5-10 kata atau gabungan kata. Dituliskan sesudah masing-masing abstrak, Inggris dan Indonesia.

9.  Pendahuluan berisi penjelasan latar belakang masalah; kajian singkat terhadap penelitian-penelitian sebelumnya untuk mengindikasikan kebaruan dan posisi artikel bersangkutan; dan tujuan penelitian. Pendahuluan dijabarkan secara terintegrasi dalam bentuk paragraf-paragraf. Panjang pendahuluan tidak lebih dari 15-20% dari keseluruhan tulisan.

10. Bagian metode berisi paparan rancangan penelitian, sumber data, teknik pengumpulan data, dan proses analisa data. Bagian ini dijabarkan dalam bentuk paragraf-paragraf dengan panjang tidak lebih dari 10-15% keseluruhan artikel.

11. Pada bagian hasil penelitian, dipaparkan hasil analisis yang dikaitkan dengan tujuan penelitian. Panjang bahasan ini sekitar 40-60% dari keseluruhan artikel.

12.  Kesimpulan berupa intisari dari hasil dan pembahasan. Disajikan dalam bentuk paragraf.


 


Pengutipan dan Daftar Pustaka



Sumber-sumber tercantum dalam daftar pustaka hanya yang tertulis pada artikel. Sumber-sumber yang digunakan tidak kurang dari 70% merupakan pustaka terbitan 10 tahun terakhir. Diutamakan sumber-sumber berupa artikel-artikel penelitian atau bentuk-bentuk pelaporan penelitian lainnya. Bentuk penulisan informasi kutipan dan kepustakaan menggunakan sistem APA (American Psychological Association). Contoh-contoh pengutipan dapat dilihat sebagai berikut:


Informasi pengutipan. Susunan informasi pengutipan dicatat sebagai berikut: (Nama belakang penulis, tahun, p(p). halaman). Bila pengutipan tidak langsung informasi halaman dapat diabaikan. Contoh: (Kingsbury, 1988, p. 50); (Johnson, 2011, pp. 12-20); (Hurtado, 1992); dua penulis (Habib & Jubb, 2015, p. 20); tiga sampai lima penulis (Kernis, Cornell, Sun, Berry, & Harlow, 1993), berikutnya (Kernis et al., 1993); enam pengarang atau lebih (Harris et al., 2001).

 

Daftar Pustaka. Berikut contoh penulisan daftar pustaka:

Cassidy, Richard J. (1978). Jesus, Politics, and Society: A Study of Luke's Gospel. Maryknoll: New York.

Gregory, G., & Parry, T. (2006). Designing Brain-Compatible Learning (3rd ed.) Thousand Oaks: Corwin.

Bergquist, J. M. (1992). German American. In J. D. Buenker & L. A. Ratner (Eds.), Multiculturalism in the United States: A Comparative Guide to Acculturation and Ethnicity (pp. 53-76). New York: Greenwood.

Paivio, A. (1975). Perceptual Comparisons Through the Mind's Eye. Memory & Cognition, 3, 635-647.  doi:10.1037/0278-6133.24.2.225.

Becker, L. J., & Seligman, C. (1981). Welcome to the Energy Crisis. Journal of Social Issues, 37(2), 1-7.