Publication Ethics

Proses penerbitan jurnal ini melibatkan beberapa pihak yang memiliki peran penting untuk memastikan kualitas terbitan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Maka pihak-pihak tersebut wajib menaati standar etika penerbitan sebagai berikut:

Tanggung Jawab Editor

Bertindak secara objektif dalam melakukan tugasnya. Tidak dipengaruhi oleh perbedaan gender, denominasi, suku dan daerah asal penulis.

Editor memiliki tanggung jawab penuh untuk menilai apakah artikel sesuai dengan panduan penulisan Pengarah: Jurnal Teologi Kristen. Kemudian secara penuh memiliki otoritas untuk menerima atau menolak sebuah artikel, atau bila dirasa perlu, dapat meminta penulis untuk melakukan perbaikan/revisi.

Pemeriksaan Plagiarisme

Plagiarisme merupakan tindakan yang tidak etis dan tidak bisa diterima dalam kepenulisan ilmiah. Adapun plagiarisme dapat berbentuk: (1) penulis mengambil karya orang lain menjadi karyanya sendiri; (2) meng-copy atau menulis ulang bagian tertentu dari karya tulis orang lain dengan tidak mencantumkan sumber kutipan; dan (3) meng-copy atau menulis ulang bagian tertentu dari karya penulis sendiri dengan tidak mencantumkan sumber kutipan.

Oleh sebab itu setiap penulis harus memastikan originalitas tulisannya. Bila penulis menggunakan pernyataan dari sumber lain, kesemuanya harus dimuat dalam bentuk format kutipan yang sesuai. Untuk memastikan hal ini, maka setelah artikel dimasukkan, editor akan memeriksa artikel tersebut dengan menggunakan Plagiarism Checker X. Batas maksimal kesamaan adalah 20%. Bila ditemukan kesamaan antara 21%-30%, penulis akan diminta untuk merevisi artikelnya; tapi bila lebih dari 30%, tulisan akan ditolak. Jika ditemukan kesamaan signifikan, meskipun kesamaan di bawah 20%, editor akan meminta tulisan untuk direvisi.

Tanggung Jawab Reviwer

Riviewer diharapkan berkontribusi dalam memberikan masukan kepada editor apakah artikel yang diprosesnya dapat diterima, harus direvisi atau ditolak.

Reviewer juga bertanggung jawab untuk peningkatan kualitas artikel. Sebab itu sebaiknya reviewer dapat mengusulkan literatur-literatur yang relevan.

Reviewer juga bisa memperingatkan editor bila menemukan kesamaan-kesamaan yang substansial yang mengindikasikan plagiarisme.

Proses review harus dilakukan secara rahasia.

Tanggung Jawab Penulis

Penulis wajib untuk mengikuti panduan kepenulisan Pengarah: Jurnal Teologi Kristen.

Penulis bertanggung jawab untuk memastikan bahwa semua informasi kutipan dan daftar pustaka terdokumentasi dengan tepat sesuai dengan sistem pencatatan APA edisi 6.

Penulis wajib menandatangani surat pernyataan bahwa semua data yang digunakan dan apa yang dituliskan dapat dipertanggungjawabkan.