Prinsip Pengajaran 2 Timotius 3:16-17 dalam Konteks Pendidikan Modern
Abstract
Pendidikan penting dalam membentuk karakter individu. Dalam konteks pendidikan modern, penerapan prinsip pengajaran 2 Timotius 3:16-17 memiliki nilai tinggi namun sering kurang optimal. Penelitian ini menganalisis penerapan prinsip ini, dampaknya terhadap karakter siswa, dan strategi praktisnya melalui pendekatan kualitatif studi pustaka. Hasil menunjukkan penerapan ini positif dalam membentuk karakter siswa. Integrasi dalam kurikulum dan metode pengajaran perlu responsif. Manfaatnya termasuk meningkatkan pembelajaran, karakter, dan etika siswa.
References
Bastin, N. (2021). Renungan Etika Kerja. Nahason Literature.
Budiyana, H. (2021). Ineransi Alkitab sebagai Dasar Kurikulum Pendididikan Kristen. Jurnal Teologi Berita Hidup, 3(2), 231-248.
Budiyana, H. (2021). Model Pembelajaran Yesus Berdasarkan Alkitab. ELEOS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 28-38.
Ginting, G., Silalahi, A., Hasugian, R., Sianturi, R., & Kasse, Y. (2022). Eksplorasi 2 Timotius 3:16 dalam Pembentukan Karakter dan Pertumbuhan Iman Peserta Didik di SMP Harvard School. Phronesis: Jurnal Teologi dan Misi, 5(1), 1–14. https://doi.org/10.47457/phr.v5i1.212.
GP, H. (2021). Teologi Pastoral: Pastoral sebagai Strategi Penggembalaan untuk Menuju Gereja yang Sehat dan Bertumbuh. PBMR Andi.
Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Teori, Penerapan, dan Riset Nyata. Anak Hebat Indonesia.
Kadariah, K., Kusmaladewi, K., & Hasmiah, H. (2020). Faktor Kesulitan Guru dalam Proses Belajar Mengajar Ditinjau dari Penggunaan Kurikulum, Struktur Materi, Sarana dan Prasarana, dan Alokasi Waktu. JEKPEND: Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 3(2), 15-20. https://doi.org/10.26858/jekpend.v3i2.14410.
Lepa, R., Hartono, T., Adijanto, H., Wasugai, A., Sinauru, R., Mamahit, H., Freliyanti, Lago, E., Kuntaua, D., & Walean, J. (2022). Paradigma Spiritualitas Kristen di Era 5.0. Penerbit Andi.
Mau, M. (2021). Kajian Manfaat Alkitab menurut 2 Timotius 3:16 dan Implikasinya bagi Orang Percaya Masa Kini. Manna Rafflesia, 7(2), 235–257. https://doi.org/10.38091/man_raf.v7i2.144.
Min, M. (2023). Penerapan Prinsip-Prinsip Belajar dalam Pembelajaran bagi Siswa dan Guru. Pelajaran.Co.Id. https://www.pelajaran.co.id/penerapan-prinsip-prinsip-belajar-dalam-pembelajaran-bagi-siswa-dan-guru/.
Nainggolan, A. (2021). Pendidikan Karakter Kristen sebagai Upaya Mengembangkan Sikap Batin Peserta Didik. Excelsis Deo: Jurnal Teologi, Misiologi, dan Pendidikan, 4(2), 71–86. https://doi.org/10.51730/ed.v4i2.55.
Panjaitan, F. (2022). Tujuan Pembelajaran dalam Pendidikan Kristen Berdasarkan 2 Timotius 3:16. CHARISTHEO: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, 1(2), 134-147. https://doi.org/10.54592/jct.v1i2.21
Pardede, P. (2016). Berpikir Kritis dan Kreatif dalam Pendidikan Kristen. Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 1-32.
Rafsanzani, A. (t.t.). Guru di Era Digital: Keterampilan Teknis dan Pedagogis, Mana yang Lebih Penting? Kumparan. https://kumparan.com/indonesiamengglobal/guru-di-era-digital-keterampilan-teknis-dan-pedagogis-mana-yang-lebih-penting-1wWZ9bn3RAY.
Rais, M. A. (2023). Mengenal Pembelajaran dan Pendidikan Holistik. CreyaEdu. https://creya.co.id/mengenal-pembelajaran-dan-pendidikan-holistik/.
Shobastian, S. (2020). Prinsip-prinsip Dasar dan Sederhana Untuk Memahami dan Menafsirkan Alkitab. Pemisahan Alkitab: Doktrin Pemurnian dan Pelestarian Gereja.. https://pemisahanalkitabiah.wordpress.com/2020/06/20/prinsip-prinsip-dasar-dan-sederhana-untuk-memahami-dan-menafsirkan-alkitab/
Sianipar, H. M., & Irawati, W. (2022). Peran Guru sebagai Teladan dalam Upaya Pembentukan Karakter Siswa Berdasarkan Kajian Filsafat Aksiologi Kristen. Didache: Journal of Christian Education, 3(1), 58-72.
Wijaya, S. D. (2021). Spiritual Fathering. PBMR ANDI.